Minggu, 14 Oktober 2012

firma



Firma dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjalankan satu bisnis. Pembentukan firma mengakibatkan tanggung jawab masing-masing anggota firma tidak terbatas. Meski terdapat pemisahan antara harta usaha dan harta pribadi, namun angota firma mempunyai keharusan melunasi kewajiban usaha sampai pada harta pribadinya.
Firma mempunyai ketentuan yaitu :
•Setiap anggota berhak menjadi pemimpin.
•Seorang anggota tidak boleh memasukkan orang lain untuk menjadi anggota tanpa persetujuan dari anggota lain.
•Keanggotaan tidak dapat dipindah tangankan kepada orang lain selama anggota tersebut masih hidup.
•Apabila kekayaan perusahaan tidak cukup untuk menutup kewajiban usaha, maka kekayaan pribadi anggota menjadi jaminan.
Kelebihan Organisasi Niaga (Firma) :
1.Terdapat pembagian kerja Diantara para anggota sehingga kemampuan manajemennya lebih baik.
2.Pendiriannya relatif lebih mudah karena tanpa akte pendirian.
3.Kebutuhan modal dapat tercukupi karena menghimpun dana dari beberapa orang. Ada kemudahan memperoleh kredit karena mempunyai kemampuan finansial yang besar.
Kekurangan Organisasi Niaga (Firma) :
1.Tanggung jawab pemilik tidak terbatas dan kepemilikan pribadi menjadi jaminan bagi kewajiban perusahaan.
2.Kerugian yang disebabkan seorang anggota harus ditanggung bersama oleh anggota lain.
3.Kelangsungan perusahaan tidak menentu. Jika salah seorang anggota membatalkan perjanjian, maka Firma menjadi bubar.

CONTOH DARI FIRMA

Contoh Firma (Fa), biasanya advokat (pengacara, penasihat hukum, konsultan hukum), konsultan bisnis, dan akuntan publik. Kalau untuk perusahaan, sudah jarang. Mereka sudah melangkah ke CV atau bahkan PT.

CIRI – CIRI FIRMA

Sedangkan firma dapat kita artikan sebagai suatu persekutuan dua orang atau lebih yang bekerjasama dengan nama bersama yang bertujuan untuk mendapat profit.

Ciri-ciri firma yaitu :

1. Anggota firma biasanya sudah saling mengenal sebelumnya dan sudah saling mempercayai

2. Perjanjian suatu firma dapat dilakukan dihadapan notaris

3. Dalam kegiatan usaha selalu memakai nama bersama
4. Adanya tanggungjawab dan resiko kerugian yang tidak terbatas

Jadi kita dapat menyimpulkan perbedaan firma dengan PT,.
Perbedaan PT dengan firma yaitu :

PT merupakan suatu badan hukum dimana kekayaan pribadi dan kekayaan perusahaan terpisah atau tidak dapat dicampur aduk, sedangkan di Firma kekayaan pribadi dengan kekayaan perusahaan disamakan


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN FIRMA


Kelebihan Badan Usaha Firma
  1. Karena jumlah modalnya lebih besar dibandingkan dengan usaha perseorangan, badan usaha firma lebih mudah untuk memperluas usahanya.
  2. Kemampuan manajemen badan usaha firma lebih besar karena adanya permbagian kerja di antara para anggota. Semua keputusannya diambil bersama-sama.
  3. Badan usaha firma tidak memerlukan akte, jadi pendiriannya relatif lebih mudah.
Kelemahan Badan Usaha Firma
  1. Tanggung jawab pemilik tidak terbatas terhadap seluruh utang perusahaan.
  2. Apabila salah seorang anggota membatalkan perjanjian untuk menjalankan usaha bersama maka secara otomatis badan usaha firma menjadi bubar sehingga kelangsungan perusahaan tidak menentu.
  3. Jika salah satu anggota membuat kerugian, maka kerugian tersebut juga ditanggung oleh anggota yang lain.
Khusus untuk poin 1 dari kelemahan badan usaha firma, perlu saya jabarkan lagi agar anda mengetahui apa yang dimaksud dengan tanggung jawab tidak terbatas. Contohnya bisa anda lihat berikut ini :
Ada 3 orang yang sepakat membuat usaha toko pengecer dengan menggunakan badan usaha firma. Total modal yang diinvestasikan adalah 700 ribu dengan perincian :
  1. Si A punya investasi di toko pengecer sebesar 400 ribu rupiah dengan kekayaan pribadinya 0 rupiah.
  2. Si B punya investasi di toko pengecer sebesar 200 ribu rupiah dengan kekayaan pribadinya 0 rupiah.
  3. Si C punya investasi di toko pengecer sebesar 100 ribu rupiah dengan kekayaan pribadinya 100 rupiah.
Dengan berbagai alasan, toko tersebut mempunyai utang sebesar 800 ribu rupiah. Sedangkan modal yang ditanam seluruh anggota hanya 700 ribu rupiah. Akhirnya seluruh modal yang ditanam digunakan untuk membayar utang perusahaan dengan sisa utang 100 ribu rupiah. Sisa utang tersebut harus dibayar dari kekayaan pribadi. Berhubung si A dan si B tidak memiliki kekayaan pribadi, maka sisa utang tersebut harus dibayar oleh si C yang mempunyai kekayaan pribadi sebesar 100 ribu rupiah.
Selain itu, walaupun para anggota mempunyai kesatuan nama dalam menjalankan usaha dan perusahaan mempunyai kekayaan sendiri yang terpisah dari kekayaan masing-masing anggota, namun pada umumnya badan usaha firma bukanlah badan hukum, melainkan sebutan dari anggota bersama-sama.
CONTOH MANAJEMEN DAN TATA KERJA FIRMA DI BIDANG HUKUM


Mengelola dan memimpin sebuah firma hukum adalah tantangan yang jauh lebih kompleks dan sulit daripada dulu. Fokus telah beralih dari tugas manajerial internal dan struktur untuk tantangan kepemimpinan eksternal yang dihadapi. Dua dinamika telah berkumpul untuk memaksa perubahan ini - lingkungan yang sangat kompetitif serta pertumbuhan eksplosif dalam ukuran firma hukum. Firma hukum besar dan orang-orang dengan beberapa kantor memiliki struktur manajemen multi-tier yang memerlukan kepemimpinan yang bernuansa menggabungkan fokus dan disiplin.
Konsultan Altman Weil bekerja dengan firma hukum di AS dan internasional untuk menyelaraskan struktur internal dan proses dengan tujuan strategis dan dengan mempertimbangkan kekuatan kompetitif. Kami dapat membantu Anda dalam pengembangan dan / atau penyempurnaan struktur internal, kebijakan, sistem dan prosedur untuk memungkinkan perusahaan untuk beroperasi secara lebih berhasil dan bersaing lebih baik strategis.
Audit pemerintahan - Kami akan meninjau struktur tata kelola perusahaan Anda untuk menentukan apakah perusahaan Anda mengelola, memimpin dan bersaing secara strategis dan efektif. Kami menekankan pengembangan struktur yang konsisten dengan kebutuhan eksternal perusahaan serta nilai-nilai internal perusahaan dan budaya. Meskipun ada kebutuhan organisasi dan realitas yang diperlukan di semua perusahaan, tidak ada struktur organisasi yang tepat untuk semua perusahaan.
Suksesi perencanaan - Salah satu isu yang paling menarik dalam profesi saat ini adalah kepemimpinan dan perencanaan suksesi manajemen. Sebagai tugas menjalankan organisasi besar, dinamis dan agresif menjadi lebih menantang, ada kebutuhan yang lebih besar untuk kepemimpinan terlatih lebih dan lebih baik. Altman Weil akan membantu organisasi Anda mengidentifikasi pemimpin masa depan dan mengembangkan inisiatif pelatihan program, rencana aksi dan strategi transisi.
Audit Administrasi - Altman Weil telah memelopori banyak pemerintahan perubahan profesi telah mengadopsi, termasuk penggunaan non-pengacara eksekutif. Kami akan menggunakan kedalaman pengalaman kami untuk membantu Anda memeriksa dan menganalisis struktur organisasi staf senior Anda non-pengacara untuk memastikan efisiensi dan efektivitas yang maksimal.
Evaluasi kinerja pemimpin senior - Karena kepemimpinan yang baik adalah penting, evaluasi yang jelas dan ketat dari pemimpin juga penting. Kami akan merancang dan melaksanakan kebijakan kinerja, sistem dan prosedur untuk mengevaluasi Partner perusahaan Anda Mengelola, Komite Eksekutif dan para pemimpin senior lainnya.
Sumber : http://www.altmanweil.com/index.cfm/fa/s.ps_detail/oid/24d1d279-3956-4967-98f4-a88ad96e753a/Management__Governance.cfm

1 komentar: